Manchester City Rival Panas Manchester United
Blog

Manchester City Rival Panas Manchester United

The Citizens itu lah tajuk atau julukan yang diberikan dari fans fanatik kepada klub kesayangannya Manchester City. Klub sepakbola satu ini mempunyai sejarah yang cukup panjang dalam meniti prestasinya di liga Inggris, fase jatuh-bangun juga sudah dialami oleh tim sepakbola berkaos biru langit ini.

Klub Sepakbola yang sekota dengan Manchester United ini awal mulanya adalah klub sepak bola dari sebuah gereja bernama St Mark yang dibentuk pada tahun 1880. Pada era tersebut kolonial Romawi mencoba menguasai pemerintahan dengan sistem dalam gereja.

Pada saat Arthur Connell diangkat sebagai kepala Gereja, itulah awal mula dibentuknya The Citizens. Connell Menjabat di gereja yang bernama St Mark di West Gorton, Kota Manchester distrik bagian timur.

Pada zaman tersebut kriminal di Kota Manchester tersebut sangat tinggi dan meresahkan. Putri dari Connell yaitu Anna Connell menggagaskan ingin membentuk sebuah asosiasi bidang olahraga para pemuda, dengan tujuan menurunkan kriminalitas di Kota Manchester tersebut. Pada tahun 1868 dibentuklah sebuah klub olahraga kriket di bawah asuhan Gereja St Mark 

Klub kriket St Mark bertahan sekitar 12 tahun lama nya, sampai pada populernya olahraga sepakbola di tahun-tahun tersebut. Pada tahun 1880 klub kriket tersebut berubah menjadi tim sepakbola dinamai St.Mark’s West Gordon.

Berjalan 7 tahun lama nya tim kembali berevolusi dan berganti nama Ardwick AFC pada tahun 1887, karena klub berpindah tempat ke Hyde Road. Pada tahun 1892 Ardwick AFC menjadi salah satu klub pencetus divisi kedua Inggris. 

Berjalan 2 tahun setelah itu Ardwick AFC kembali berubah nama menjadi menjadi Manchester City Football Club, karena Manchester City mewakili Hyde Road saat itu kancah divisi kedua liga Inggris.

Pada tahun 1989 Manchester City berhasil merebut juara liga di divisi 2 tersebut, dan promosi ke kasta tertinggi liga inggris. Pada tahun tahun 1904 Manchester City kembali mencetak rekor, klub tersebut menjadi klub pertama Manchester yang menyabet juara FA.

Manchester City Vakum dan Terdegradasi 

Setelah tahun 1904 tersebut sepakbola liga Inggris mengalami masa vakum termasuk Manchester City, karena adanya Perang Dunia I pada tahun 1914 hingga tahun 1918. Manchester City aktif kembali dan berpindah lagi karena terbakarnya Hyde Road  dan pindah ke Maine Road pada tahun 1923.

Pada tahun 1926 Manchester City juga harus terdegradasi ke Divisi 2, padahal di tahun tersebut City mengukir sejarah manis dalam partai Derby. Bertemu dengan Manchester United dan menang dengan skor telak 6-1 di Old Trafford.

Perjuangan ke liga utama memakan waktu 2 tahun oleh Manchester City untuk promosi. Pada musim yang sama Manchester City kembali mengukir prestasi, dengan mengoleksi gelar ke 2 Piala FA pada tahun 1934.

Sampai pada tahun 1968 City meraih juara liga utama untuk ke 2 kalinya, disusul Piala FA ke 3 kalinya di tahun berikutnya. Kemudian The Citizens juga berhasil merebut Piala Winners tahun 1970.

Setelah itu fase naik-turun pada klub sepakbola Manchester City ini pun terjadi, tidak ada yang sangat spesial dari perjalannya, naik ke liga utama Inggris bertahan 1-2 musim lalu turun lagi ke divisi 2

Rivalitas Sekota Kembali Bangkit

Manchester City akhirnya kembali bangkit, setelah masuknya investor besar Sheikh Mansour yang sangat ambisius membentuk sebuah tim impian. Suntikan Dana sangat besar pun digelontorkan oleh Sheikh Mansour, demi membangun Manchester City menjadi besar dari segala sisi.

Dengan dana yang sangat besar belanja pemain bintang pun dilakoni oleh Manchester City, pemain kelas dunia Balotelli, Tevez, Nasri, hingga kepelatihan pun diperhatikan. Kala itu Roberto Mancini pelatih yang didatangkan Manchester City untuk menempati kursi pelatih. 

Pada musim 2012 Manchester City menjadi juara Premier League Inggris pertamanya setelah beberapa dekade lalu Vakum, dan berhasil mempecundangi Manchester United 1-6 di markas MU sendiri Old Trafford. dilain sisi juga mengukir sejarah pada Sir Alex Ferguson dipermalukan dengan skor telak untuk pertama kalinya dalam skor kandang.

Rivalitas keduanya terus memanas hingga saat ini, Manchester City juga kembali membuktikan keberadaannya menjadi tetangga yang sangat bising bagi Manchester United dalam perburuan gelar sektor apapun.