5 Pelatih Muda Yang Bertarung Di Kompetisi Serie-A
Blog

5 Pelatih Muda Yang Bertarung Di Kompetisi Serie-A

5 Pelatih Muda Yang Bertarung Di Kompetisi Serie-A

Andrea Pirlo

“La Vecchia Signora” Juventus membuat keputusan yang mengejutkan, dengan memasukkan Andrea Pirlo sebagai pelatih tim utama Juve. Masuknya Pirlo juga menambah daftar nama pelatih berusia muda yang akan bertarung di kompetisi Serie-A Italia.

Mantan kapten Juve ini menjabat kursi pelatih menggantikan Maurizio Sarri yang dipecat, karena Juventus tersingkir dari ajang Liga Champions 2019-2020. Andrea Pirlo tanda tangan kontrak bersama Juve, berdurasi 2 musim sampai tahun 2022.

Diangkat mendadak sebagai pelatih Juve, bisa ibaratkan pedang dua mata untuk dirinya. Jabatan ini bisa jadi jalur yang singkat untuk mengangkat karir menuju puncak sebagai pelatih, dan sebaliknya jika gagal Pirlo harus siap “ditendang” keluar dari Juve.

Menjadi “allenatore” bagi klub raksasa Juventus, tidak akan mungkin berjalan mudah. Pria berusia 41 tahun itu harus mampu membawa Juve mempertahankan gelar Scudetto Serie A, sekaligus melaju jauh di ajang Liga Champions.

Diajang Serie-A Italia sedang trending menggunakan pelatih muda, yang sekaligus mantan pemain yang pernah dibela tersebut. Kategori pelatih muda adalah pelatih masih berumur dibawah 50 tahun.

Disamping Andrea Pirlo, masih ada deretan pemain yang menjadi pelatih muda mengasuh klub lainnya. Kita simak lagi nama pelatih muda lainnya yang akan bertarung mengasuh klubnya untuk bertarung di Serie-A

5 Pelatih Muda Yang Bertarung Di Kompetisi Serie-A

Roberto De Zerbi

Daftar pelatih muda lainnya adalah Roberto De Zerbi, dirinya masih dipercaya membesut Sassuolo. Tim sepakbola yang telah berusia 100 tahun ini, sedang solid-solidnya beberapa tahun bertengger di ajang Serie-A, tanpa pernah terdegradasi ke Serie-B.

Roberto De Zerbi sedang ambisius membidik Scudetto Serie A, pelatih muda berusia 41 tahun itu, sudah menjabat sejak 2018. Sejak diasuhnya, dirinya mampu mendongkrak tim Sassuolo naik ke urutan ke-11 Serie-A pada musim 2018/2019.

Sedangkan musim 2019/2020 tim berjuluk “I Neroverdi” tersebut, mampu menyegel posisi ke-8 di akhir musim. Meski ada peningkatan, namun catatan untuk Roberto De Zerbi belum benar-benar meraih nilai baik.

5 Pelatih Muda Yang Bertarung Di Kompetisi Serie-A

Simone Inzaghi

Mantan pemain klub dan kini menjabat kursi pelatih Lazio, pelatih berusia 44 tahun itu berhasil membawa Lazio menjelma menjadi tim yang cukup menakutkan. “Biancocelesti” Lazio mengalami peningkatan performa, sejak kursi kepelatihan dipegang oleh Simone Inzaghi.

Pada musim 2019-2020 Serie-A Italia tersebut, klub ini menduduki posisi ke-4 klasemen akhir musim. Adik dari Filippo Inzaghi ini juga memiliki catatan yang cukup baik bersama Lazio. Pria asal Italia itu berhasil membukukan 54,41% kemenangan dari 204 pertandingan yang sudah dilakoni.

5 Pelatih Muda Yang Bertarung Di Kompetisi Serie-A

Gennaro Gattuso

Masih pada ajang Serie-A Italia, kali ini pelatih muda lainnya adalah Gennaro Gattuso yang sedang membesut Napoli. Pada awal musim kepelatihannya, Gennaro Gattuso berhasil membawa Napoli finish di peringkat 7 Klasemen.

Catatan rekor Gattuso bersama Napoli tidak buruk-buruk amat. Pelatih berusia 42 tahun itu menjalani 29 pertandingan, dan sukses meraih mencatat 16 kali kemenangan.

Musim 2020-2021 ini akan menjadi ajang pembuktian yang menentukan buat karir Gatusso. Pelatih muda asal Italia ini, diizinkan untuk membangun tim solid dengan pemain pilihannya sendiri.

5 Pelatih Muda Yang Bertarung Di Kompetisi Serie-A

Filippo Inzaghi

Negara Italia bisa dibilang gudangnya pelatih jempolan, daftar nama pelatih muda berikutnya adalah Filippo Inzaghi. Mantan pelatih AC-Milan, kini masih menjabat sebagai Direksi di klub Milan tersebut.

Nama Filippo Inzaghi sudah cukup terkenal di dunia kepelatihan Italia, Pada tahun 2014, kakak dari Simone Inzaghi tersebut sempat menduduki kursi kepelatihan di AC Milan. 

Namun karirnya tidak bertahan lama di mantan klubnya tersebut, pelatih muda berusia 47 tahun tersebut kemudian hengkang. Kemudian dirinya membesut klub papan bawah lainnya, seperti Venezia, Bologna, dan Benevento.

Catatan rekor kepelatihan untuk Inzaghi adalah, sukses membawa gelar juara bagi tim Benevento di Serie-B. Tentu saja Benevento juga promosi ke kasta Serie-A pada musim 2020-2021, rekor tersebut cukup menaikkan pamor Filippo Inzaghi di dunia kepelatihan di ajang Serie-A Italia.